Total Tayangan Halaman

Kamis, 22 Maret 2012

MICROSOFT OFFICE EXCEL


I. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih dan semakin mengglobal diseluruh penjuru dunia,membuat dunia ini dibuat semakin sempit oleh kemajuan teknologi yang semakin pesat.Apalagi sekarang kita mengenal yang namanya Microsoft Excel yang banyak digunakan di perbankan karena untuk lebih mempermudah dalam menghitung,karena pada Microsoft Excel yang salah satu gunanaya untuk mengolah angka. Microsoft Excel sudah mengalami beberapa perubahan yang signifikan, tetapi perubahan yang secara mendasar hanya pada tampilannya saja yang berubah. Dimana pada tampilan Microsoft Excel dulu masih agak rumit dibandingkan dengan sekarang yang tampilannya lebih simpel dan mudah digunakan.
Microsoft Excel merupakan sistem pengolahan angka yang sangat baik dan cepat dalam mengolah kata, karena di dalam Microsoft Excel tedapat beberapa formula-formula yang membantu kita dalam mengolah angka tidak lagi menghitung secara manual yang membutuhka waktu yang sangat lama dan memerluka tenaga otak untuk berfikir, dan bia bisa kita salah dalam menghitingnya, tetapi di Microsoft excel kita dipacu untuk cepat mengerjakan suatu pekerjaan yang didalamnya ada sebuah perhitungan. Apalagi cara mempelajari Microsoft Excel cukup mudah untuk di pahami karena ms.excel ini dirancang sedemkan rupa agar kita dapat lebih cepat memahaminya.
Berdasarkan uraian diatas maka diperlukan percobaan Microsoft excel untuk Mempelajari dan menambah pemahaman kita mengenai suatu Microsoft excel.
1.2 Tujuan dan Kegunaan
Tujuan dari praktikum ini adalah untuk mengetahui dan memperkenalka kepada mahasiswa tentang bagaimana itu Microsoft Excel dan cara-cara menggunakan dan mengoperasikannya dengan benar.
Kegunaan dari praktikum ini adalah mahasiswa mampu memahami da mengetahui cara-cara dalam mengoperasikan Microsoft Excel dan dapat menggunakan Microsoft Excel dalam mengerjakan pekerjaan yang berhubungan dengan pengolahan angka.

II. TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Sejarah Microsoft Office Excel
Microsoft excel adalah Program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam pengolahan angka (Aritmatika). Program ini sering digunakan oleh para akutan untuk menuliskan atau mencatat pengeluaran dan pemasukan didalam perusahaan atau suatu lembaga maupun instansi-instansi kecil. Microsoft Excel juga sering digunakan oleh ibu rumah tangga untuk menulis atau mencatat keuangan dalam rumah tangga sepertihalnya pengeluaran  atau  pemasukan  dalam    tiap   bulan   atau    minggu    (Hasyim, 2009).
Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2007 (Madcoms Madiun, 2009)

Microsoft Excel adalah program kedua yang mandasar dalam suatu computer setelah Microsoft Word, keduanya saling berkaitan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak para akutan yang mengerti dan bisa mengoprasikan program ini tapi bukan hanya seorang akuntan saja yang bisa anak smp pun juga bisa mengoprasikan program ini, karena dibangku smp kita telah mempelajari tentang Microsoft (Anonim III, 2011).
Pada tahun 1982, Microsoft membuat sebuah program spreadsheet yang disebut dengan Multiplan, yang sangat populer dalam sistem-sistem CP/M, tapi tidak dalam sistem MS-DOS mengingat di sana sudah berdiri saingannya, yakni Lotus 1-2-3. Hal ini membuat Microsoft memulai pengembangan sebuah program spreadsheet yang baru yang disebut dengan Excel (Anonim I,2011).
Versi pertama Excel dirilis untuk Macintosh pada tahun 1985 dan versi Windows-nya menyusul (dinomori versi 2.0) pada November 1987. Lotus ternyata terlambat turun ke pasar program spreadsheet untuk Windows, dan pada tahun tersebut, Lotus 1-2-3 masih berbasis MS-DOS. Prestasi ini mengukuhkan Microsoft sebagai kompetitor yang sangat kuat bagi 1-2-3 dan bahkan mereka mengembangkannya lebih baik lagi. Microsoft, dengan menggunakan keunggulannya, rata-rata merilis versi Excel baru setiap dua tahun sekali, dan versi Excel untuk Windows terakhir adalah Microsoft Office Excel 2007 (Excel 12), sementara untuk Macintosh (Mac OS X), versi terakhirnya adalah Microsoft Excel 2004 (Anonim I, 2011).
Pada awal-awal peluncurannya, Excel menjadi sasaran tuntutan perusahaan lainnya yang bergerak dalam bidang industri finansial yang telah menjual sebuah perangkat lunak yang juga memiliki nama Excel. Akhirnya, Microsoft pun mengakhiri tuntutan tersebut dengan kekalahan dan Microsoft harus mengubah nama Excel menjadi "Microsoft Excel" dalam semua rilis pers dan dokumen Microsoft. Meskipun demikian, dalam prakteknya, hal ini diabaikan dan bahkan Microsoft membeli Excel dari perusahaan yang sebelumnya menuntut mereka, sehingga penggunaan nama Excel saja tidak akan membawa masalah lagi. Microsoft juga sering menggunakan huruf XL sebagai singkatan untuk program tersebut, yang meskipun tidak umum lagi, ikon yang digunakan oleh program ini masih terdiri atas dua huruf tersebut (meski diberi beberapa gaya penulisan). Selain itu, ekstensi default dari spreadsheet   yang   dibuat   oleh     Microsoft    Excel    adalah *.xls  (Anonim I, 2011).
Excel menawarkan banyak keunggulan antarmuka jika dibandingkan dengan program spreadsheet yang mendahuluinya, tapi esensinya masih sama dengan VisiCalc (perangkat lunak spreadsheet yang terkenal pertama kali): Sel disusun dalam baris dan kolom, serta mengandung data atau formula dengan berisi referensi absolut atau referensi relatif terhadap sel lainnya (Anonim I, 2011).
Excel merupakan program spreadsheet pertama yang mengizinkan pengguna untuk mendefinisikan bagaimana tampilan dari spreadsheet yang mereka sunting: font, atribut karakter, dan tampilan setiap sel. Excel juga menawarkan penghitungan kembali terhadap sel-sel secara cerdas, di mana hanya sel yang berkaitan dengan sel tersebut saja yang akan diperbarui nilanya (di mana program-program spreadsheet lainnya akan menghitung ulang keseluruhan data atau menunggu perintah khusus dari pengguna). (Anonim I, 2011).
Ketika pertama kali dibundel ke dalam Microsoft Office pada tahun 1993, Microsoft pun mendesain ulang tampilan antarmuka yang digunakan oleh Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint untuk mencocokkan dengan tampilan Microsoft Excel, yang pada waktu itu menjadi aplikasi spreadsheet yang paling disukai (Anonim I, 2011).
Sejak tahun 1993, Excel telah memiliki bahasa pemrograman Visual Basic for Applications (VBA), yang dapat menambahkan kemampuan Excel untuk melakukan automatisasi di dalam Excel dan juga menambahkan fungsi-fungsi yang dapat didefinisikan oleh pengguna (user-defined functions/UDF) untuk digunakan di dalam worksheet. Dalam versi selanjutnya, bahkan Microsoft menambahkan sebuah integrated development environment (IDE) untuk bahasa VBA untuk Excel, sehingga memudahkan programmer untuk melakukan pembuatan program buatannya. Selain itu, Excel juga dapat merekam semua yang dilakukan oleh pengguna untuk menjadi macro, sehingga mampu melakukan automatisasi beberapa tugas. VBA juga mengizinkan pembuatan form dan kontrol yang terdapat di dalam worksheet untuk dapat berkomunikasi dengan penggunanya. Bahasa VBA juga mendukung penggunaan DLL ActiveX/COM, meski tidak dapat membuatnya. Versi VBA selanjutnya menambahkan dukungan terhadap class module sehingga mengizinkan penggunan teknik pemrograman berorientasi objek dalam VBA (Anonim I, 2011).
Fungsi automatisasi yang disediakan oleh VBA menjadikan Excel sebagai sebuah target virus-virus macro. Ini merupakan problem yang sangat serius dalam dunia korporasi hingga para pembuat antivirus mulai menambahkan dukungan untuk mendeteksi dan membersihkan virus-virus macro dari berkas Excel. Akhirnya, meski terlambat, Microsoft juga mengintegrasikan fungsi untuk mencegah penyalahgunaan macro dengan menonaktifkan macro secara keseluruhan, atau menngaktifkan macro ketika mengaktifkan workbook, atau mempercayai macro yang dienkripsi dengan menggunakan sertifikat digital yang terpercaya (Anomim I, 2011).
Excel menawarkan banyak keunggulan antarmuka jika dibandingkan dengan program spreadsheet yang mendahuluinya, tapi esensinya masih sama dengan VisiCalc (perangkat lunak spreadsheet yang terkenal pertama kali): Sel disusun dalam baris dan kolom, serta mengandung data atau formula dengan berisi referensi absolut atau referensi relatif terhadap sel lainnya (Anonim II, 2011).
Excel merupakan program spreadsheet pertama yang mengizinkan pengguna untuk mendefinisikan bagaimana tampilan dari spreadsheet yang mereka sunting: font, atribut karakter, dan tampilan setiap sel. Excel juga menawarkan penghitungan kembali terhadap sel-sel secara cerdas, di mana hanya sel yang berkaitan dengan sel tersebut saja yang akan diperbarui nilanya (di mana program-program spreadsheet lainnya akan menghitung ulang keseluruhan data atau menunggu perintah khusus dari pengguna).  (Anonim II, 2011).
Ketika pertama kali dibundel ke dalam Microsoft Office pada tahun 1993, Microsoft pun mendesain ulang tampilan antarmuka yang digunakan oleh Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint untuk mencocokkan dengan tampilan Microsoft Excel, yang pada waktu itu menjadi aplikasi spreadsheet yang paling disukai (Anonim II, 2011).


2.2 Kelebihan dan Kekurangan
Berdasarkan (Anonim III, 2011)adapun kelebihan dari Ms. Excel adalah sebagai berikut:
1.    Microsoft Excel memiliki kemampuan menampung data yang cukup besar dengan 1048572 baris dan XFD kolom dalam 1 sheet.
2.    Mirosoft Excel 2007 format yang paling popada fasilitas konfersi ke format  dan flexible jadi sebagian besar software data entry ada fasilitas konveksi ke format Excel atau format lain yang bisa dibaca Excel.
3.    Dengan memanfaatkan fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP. Kita bisa mengontrol identitas responde untuk keperluan transfer informasi antar table antar sheet atau antar file Excel.
4.    Dengan pivot tables, kita bisa kerja lebih efektif  karena semua table summary yang kita rencanakan bisa kta buat dahilu walaupun data belum masuk semua. Tiap data yang masuk otomatis povit table akan me-refresh sehingga table akan ter-update dengan sendirinya.
Berdasarkan (Anonim III, 2011) adapun kelemahan  dari Ms. Excel adalah sebagai berikut:
1.    Pivot table yang menyertakan banyak kolom atau prtanyaan yang menghaslkan tabel berupa crosstab atau nested atau tersarang. Jadi mau tidak mau membuat 2 tabel pivot untuk masing masing pertanyaan/kolom. Kendalanya adalah kita harus memperhitungkan  jumlah kategori jawaban yang akan di tabelkan, karena pivot otomatis akan menggunakan kolom dan baris baru kesamping/bawah sehingga jika disamping atau dibawah ada tabel pivot lain, maka akan error.

2.    Untuk tabel yang besar dengan ukuran file lebih dari 10 MB, maka setiap editing/updating data, maka secara default  excel akan melakukan proses workbook calculating yang kecepatannya tergantung dari processor dan rum komputer. Ini cukup memakan waktu pengolahan data. Tetapi kendala ini bisa dipecahkan dengan mematikan proses calculating otomatos menjadi alculating Manual artinya calcilating akan dilakukan setiap kita akan save file excel tersebut. Cara ini cukup efektif diakukan dengan resiko jika file tertutup tidak sengaja atau komputer mati secara tiba-tiba kita bisa keilangan data kita. Caranya klik tombol office > excel options > formulas > calculation options, pilih manual dan recalculate workbook before saving.
3.    Untuk membuat kolom baru yang berisi pegkategorian dari sebuah kolom/jawaban pertanyaan, atau membuat flter responden; kita harus membuat rumus excel baik rumus matematika,logika maupun teks. Banyak orang yang tidak suka dengan hal ini karena di SPSS misalnya, kita dengan mudah untuk melakukan filter atau pengkategorian jawaban baru.

2.3 Fasiltas-fasilitas Microsoft Excel
Microsoft Excel memiliki fasilitas yang sangat modern yaitu pengurutan data secara otomatis. Cara pengurutannya juga dapat dibedakan menjadi 2 yaitu ascending atau pengurutan mulai data yang terkecil sampai terbesar. Descending atau pengurutan dari yang besar ke yang kecil (Anonim III).

Berdasarkan (Anonim II, 2011) adapun fasilitas yang ada pada ms. Excel adalah sebagai berikut:
1.    Lajur Menu, yang berisikan menu-menu excel seperti File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Data, Help.
2.    Standar toolbar berisikan icon-icon standard excel untuk file baru,mebuka menyimpan, mencetak, menghapus dan memindahkan,mengkopi dan lain-lain.
3.    Format toolbar,  berisikan icon-icon yang berisikan tampilan format data, seperti tampilan jenis huruf, ukuran, ketebalan, miring, garis bawah, lambang keuangan, prosentase dan memambah atau mengubah tampilan desimal.
4.    Lajur rumus terdiri dari dua bagian yaitu yang disebelah kiri menginformasikan sel yang sedang aktif,sementara disebelah kanannya  menampilkan isi pada sel  yang sedang aktif tersebut.
5.    Area lembar kerja (worksheet) adalah bidang dimana kita menuliskan input dan sekaligus melihat outputnya. Area ini terdiri atas beberapa kolom  yang ditandai dengan huruf A, B, C, dan seterusnya,kemudian beberapa baris yang ditandai dengan angka 1, 2, 3, dan seterusnya. Perpotongan antara kolom dan baris disebut dengan sel.
6.    Indikator/petunjuk status
Petunjuk status terletak dibagian bawah lembar kerja (worksheet). Dalam penunjuk status ini terdapat  informasi mengenai keterangan perintah yang anda sorot dari menu. Jika tidak ada perintah,maka  akan ditampilkan status ready(lihat di pojok kiri bawah)yang artinya excel siap menerima perintah.
7.    Ukurannya Area lembar kerja (worksheet) adalah bidang dimana kita menuliskan input dan sekaligus melihat outputnya. Area ini terdiri atas beberapa kolom  yang ditandai dengan huruf A, B, C, dan seterusnya,kemudian beberapa baris yang ditandai dengan angka 1, 2, 3, dan seterusnya sampai dengan 16384. Perpotongan antara kolom dan baris disebut dengan sel.
8.    Sel
Sel adalah perpotongan antara baris dan kolom.

2.4  MENGEDIT WORKBOOK
a.    Status alamat Sel
o   Alamat sel relatih, yaitu alamatsel yang berubah secara otomatis pada saat dipindahkan atau disalin isinya. Contoh :A1
o   Alamat sel absolute,, yaitu alamat sel yang tetap kemanapun rumus akan dipindahkan atau disalin
o   Alamat sel semi absolute, yang terdiri dari:
§  Sel semi absolute kolom, yaitu alamat sel kolomnya tetap jika dipindahkan atau disalin tetapi barisnya mengikuti arah perpindahan atau penyalinan
Contoh : A$1
§  Sel semi absolute baris, yaitu sel yang barisnya tetap jika dipindahkan atau disalin,, tetapi kolomnya mengikuti arah perpindahan atau penyalinan.
Contoh : A$1
o   Merubah status alamat sel
§  Contoh :A1, tekan F4 1x berubah menjadi
§  Contoh :A1, tekan F4 1x berubah menjadi
§  Contoh :A1, tekan F4 1x berubah menjadi
§  Contoh :A1, tekan F4 1x berubah menjadi
o   Fungsi operator
Microsoft Excel menyediakan banyak fungsi dengan memanfaatkan operator matematik seperti dibawah ini :
Operator
Matematik
Arti
contoh
()
Mengelompokkan operasi matematik
=(5+6)*(3/xp)
^
Perpangkatan
Xp^2
*
Perkalian
12*3
/
Pembagian
=1/3
+
Penjumlahan
=15 + 12
-
Pengurangan
=19 – 15
%
Persen
= 25 * 100%
Tabel 2. Fungsi Operator matematik
Selain itu terdapat pula operator pembanding yang dapat digunakan untuk membentuk rumus :

b.    Memasukkan rumus formula
o   Klik satu sel yang akan digunakan untuk menampung hasil perhitungan
o   Ketik “ = “ untuk mewakili penulisan rumus
o   Masukkan rumus yang diinginkan,
o   tekan enter
c.    Tabel kesalahan
       Berikut penjelasan tentang kode kesalahan yang ditampilkan Microsoft excel jika rumus yang dibentu tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku:
Kode kesalahan
Penyebab
#DIV/0
Memasukkan rumus dengan membagi dengan angka 0 atau membagi dengan sel kosong
#N/A
Tidak menuliskan salah satu argumentasi pada rumus
#Name!
Memasukkan rumus yang berisi teks yang tidak dikenali oleh Microsoft Excel
#Null!
Menentukan perpotongan antara dua range yangtidak berpotongan
#Num!
Memakai argument yang tidak sesuai dengan rumus matematik
#Ref!
Menghapus/tidak ada sel acuan dalam worksheet
#Value!
Memasukkan teks dimana angka atau nilai logika yang diharapkan, atau memasukkan range dimana seharusnya diperlukan sel tunggal
Tabel 3. Kode Kesalahan
2.5  Fungsi statistika
o   SUM , digunakan untuk menjumlahkan angka ke dalam range. Rumus =SUM(sel awal-sel akhir).
o   AVERAGE, untuk menghitung nilai rata-rata dari angka yang ada dalam range
Rumus  =AVERAGE(sel awal-sel akhir).
o   MAXIMUM, Untuk mencari nilai tertinggidari data yang ada dalam range .
Rumus =MAX(sel awal-sel akhir).
o   MINIMUM ,  Untuk mencari nilai yang terendah dari data dalam range.
Rumus =MIN(sel awal-sel akhir).
o   COUNT,  Untuk menghitung berapa jumlah yang ada.
Rumus =COUNT(sel awal-sel akhir).

2.6  Fungsi teks
§  LEFT = untuk mengambil data berupa teks dari kiri sebanyak n yang diingiinkan.
rumus =LEFT (Teks, n).
§  RIGHT = Untuk mengambail data berupa teks dari s.ebelah kanan sebanyak n kata yang diinginkan.
§  Rumus =RIGHT (Teks, n).MID = Untuk mengambil data berupa teks mulai pada kedudukan tertentu sebanyak n.
Rumus =MID(Teks,x, n).
§  VALUE = Untuk mengubah sifat data teks argumen menjadi nilai.
Rumus =value (sel) atau value (teks)





2.7  Fungsi logika
Fungsi logika ditandai dengan ekspresi atau peryataan logika ;

Ekspresi atau Peryataan Logika
o   Operatos relasi
§  = sama dengan
§  <, lebih kecil
§  > lebih besar
§  <= lebih kecil sama dengan
§  >= lebih besar sama dengan
§  <> tidak sama dengan
o   Operator logika
Operator logika menggabungkan antara dua atau lebih ekspresi logika dengan menggunakan AND atau OR
§  AND
Rumus = AND (ekspresi logika1, ekspresi logika 2,…..)
Ekspresi AND menggabungkan dua atau lebih ekspresi logika dengan operator AND akan dianggap benar, jika semua akan dianggap benar, jika semua peryataan benar.
§  OR
Rumus = OR (ekspresi logika1, ekspresi logika 2,…..)
Ekspresi logika OR menggabungkan dua atau lebih ekspresi logika dengan operator OR akan dianggap benar, jika semua akan dianggap benar, jika salah satu peryataan benar

o   Fungsi Logika IF dan CHOOSE
Rumus =IF(ekspresi logika1, ekspresi logika 2,…..)
Jika ekspresi logika benar maka perintah 1 yang akan dilaksanakan, tetapi jika salah maka perintah 2 yang akan dilaksanakan.
Catatan :
Rumus untuk mendapatkan banyaknya IF yang harus diinput yaitu :
X = E-1
X = banyaknya IF yang harus diinput
E = banyaknya peryataan ekspresi logika
§  CHOOSE
Rumus = Choose(ekspresi logika1, ekspresi logika 2,…..)


Ill   METODOLOGI PERCOBAAN
3.1  Waktu dan Tempat
Praktikum ini dilaksanakan pada hari Senin, 13 Oktober
2011. Pukul 13.00 sampai 15.00 WITA dan bertempat di Laboratorium Komputer  dan Sistem Informasi, Program Studi Keteknikan Pertanian, Juusan Teknologi Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Hasanudddin, Makassar.
3.2   Prosedur Kerja
Prosedur kerja pada Microsoft Excel adalah:                        
1.    OPERASI DASAR
a.   Memulai Microsoft Excel
o  Melalui tombol start
§  klik tombol Start
§  pilih All program
§  pilih Ms. Excel
o   klik icom Microsoft Excel pada taskbar, atau
o   double klik icon MS Excel pada desktop
b.    Mengakhiri Microsoft Excel
o   Pilih menu file-exit
o   Tekan tombol Alt + F4 pada keyboard
o   Klik kanan icon MS Excel pada taskbar, pilih close



c.    Membuka Workbook
o   Pilih menu file-open, atau
o   Tekan ctrl + o pada keyboard
o   Tentukan folder tempat file/workbook pada kotak look in
o   Klik file/workbook
o   Klik open
d.    Menutup Workbook
o   Pilih menu file-close, atau
o   Tekan tombol Ctrll + W pada keyboard
e.    Membuat Workbook
o    Pilih menu file-new
o    Tekan ctrl + N pada keyboard
f.     Menyimpan workbook
o   Pilih meni file-save
o   Tekan Ctrl + S pada keyboard
o   Tentukan lokasi penyimpanan pada kotak save in
o   Klik save
g.    Mencetak Workbook
Sebelum dicetak, hasil pencetakan dapat dilihat dilayar untuk memastikan hasil cetakan tersebut  dengan menggunakan perintah file-print preview.
o   Pastikan printer sudah tersambung dengan computer dan dalam posisi on
o   Tampilkan dokumen yang akan dicetak
o   Pilih menu file-print, atau
o   Tekan tombol Ctrl + P pada keyboard
o   Tentukan berapa copy cetakan yang dikehendaki pada kotak copies
o   Pilih option berikut :
§  Name                : nama printer yang digunakan
§  Properties          : pengaturan printer yang digunakan
§  All                      : mencetak seluruh halaman dokumen
§  Current page     : mencetak halaman dokumen yang aktif
§  Page                  : mencetak halaman dokumen tertentu
o   Klik Ok



d.    sukkan Data
o  Ketik data pada sel
o  Tekan enter
e.    Mengedit Data
o  letakan pointer pada sel yang ingin di edit
o  Double klik atau tekan F2 pada Keyboard
o  lakukan pengeditan data,
o   tekan enter

f.     Menghapus data
o   Pilih/blok data
o   Tekan tombol delete pada keyboar

g.    Membuat garis tabel
o   Pilih/blok sel
o   Pilih format-cell
o   Klik tab border (garis tepi) yang diinginkan
o   Pilih jenis dan warna garis pada line style and color,
h.    Menyembunyikan garis bantu
o   Pilih menu tools-options
o   Off kan options gridlines
o   Klik ok

i.      Mengatur Jenis Huruf (Font)
o   Pilih/blok sel
o   Klik format-cell
o   Klik tab font
o   Tentukan jenis/warna efek yng diinginkan, kemudian
o    klik OK.

j.      Perataan(Alignment)
o   Pilih/blok sel
o   Klik format-cell
o   Klik tab alignment
o   Plih :
Horizontal                                             Vertikal
- Center                                                  - Top
- Top                                                       - Bottom
- Left                                                       - Center
- Right                                                    - Justify
o   Klik OK.
2.    BARIS DAN KOLOM
3    Mengatur Lebar Kolom
o     Dengan menu bar
§  Tempatkan pointer pada kolom atau blok range yang akan ditentukan lebarnya
§  Pilih menu format – column – width, dan Klik OK
o     Dengan mouse
§  Tempatkan pointer pada batas kanan kolom yang ingin dirubah lebarnya hingga pointer berubah bentuk menjadi panah dua arah.
§  Klik drag batas kolom tersebut kekiri atau kekanan sesuai lebar yang diinginkan

4    Mengatur Tinggi Baris
·         Dengan menu bar
o   Menempatkan pointer pada sel atau blok range yang ingin dirubah tingginya.
o   pilih menu format-Row-Height
o   Ketik nilai lebar yang diinginkan
o   klik OK
·         Dengan mouse
o   tempatkan pointer pada batas kanan kolomm yang ingin dirubah lebarnya  hinga pointer berubah menjadi bentuk panah dua arah
o   Klik drag batas kolom tersebut keatas atau kebawah sesuai lebar yang diinginkan

5      Menyisipkan kolom/Baris
o     Pilih atau tentukan kolom atau baris yang ingin disisipi
o     Pilih menu insert – column/row, atau
o     Klik kanan lalu pilih insert-column/row
o     Klik ok
6      Mengapus Kolom/Baris
o   Pilih kolom/baris atau blok kolom/baris tersebut
o   Pilih menu edit – delete
o   Pilih :
§  Shift cells left          : menghapus sel pada posisi pointer (cursor) dan menggeser sel kekanan kekiri
§  Shift cells up           : menghapus sel pada posisi pointer (cursor) dan menggeser sel kekanan keatas
§  Entire row               : menghapus baris
§  Entire column          : menghapus kolom

7      Memindahkan isi sel atau range
o   Tempatkan pointer pada sel atau range yang isinya ingin dipindahkan
o   Pilih menu edit-copy atau
o   Klik icon copy pada toolbar, klik icon paste.


8      Menggabung sel (merge cells)
o   Blok sel-sel yang akan digabung kan (range)
o   Klik icon Merge Cell pada toolbar

9      Memberi Warna Latar Belakang Sel
o   pilih/blok sel.
o   Klik format – cells
o   Klik tab pattern
o   Pilih warna latar belakang pada color
o   Klik OK

10   Mengcopy isi sel atau range

o   Tempatkan pointer pada sel atau range yang isisnya ingin dipindahkan
o   Pilih menu edit – cut atau
o   Klik icon cut pada tool bar
o   Tempatkan pointer pada sel tujuan pemindahan
o   Pilih menu edit – paste dan icon paste.

11   Mengcopy Sel yang Berisi Rumus dengan Fill Handel
o   Tempatkan pointer mouse pada sel yang berisi rumus.
o   Arahkan petunjuk maouse disudut kanan bawah sel hingga ponter mouse berubah bentuk menjadi symbol +
o   Klik tahan geser (drag) hingga keposisi akhir peng-copyan
o   Lepaskan tombol mouse

12   Memasukkan nilai (data) urut Fill Handel
o   Memasukkan data pertama dan kedua secara berurut.
o   Memblok range kedua data tersebut.
o   Arahkan petunjuk mouse disudut kanan bawah sel hingga pointer mouse berubah bentuk menjadi symbol +
o   Klik drag hingga keposisi akhir peng-copyan,
o    Lepaskan tombol mouse
o   Ketik nilai tertinggi baris pada text box row height dan
o   Klik ok


o   FUNGSI TABEL
Untuk menyatakan posisi suatu sel pada tabel digunakan nomor indeks kolom atau baris, nomor indeks kolom atau baris menyatakan posisi suatu kolom atau baris dalam tabel.
Nomor indeks dimulai dari 1 untuk kolom dan baris pertama dalam range tersebut.
§  Fungsi tabel untuk tabel vertical
Rumus = vlookup (nilai kunci; range data tabel; nomor indeks kolom)
Mengambil data range tabel vertical sesuai dengan nomor indeks kolom berrdasarkan nilai kunci
§  Fungsi tabel untuk tabel horizontal
Rumus = hlookup (nilai kunci; range data tabel; nomor indeks kolom).
Mengambil data pada range tabel vertical sesuai dengan nomor indeks kolom berdasarkan nilai kunci yangn telah disediakan atau tertera.

3.    GRAFIK DAN DATA BASE
a.    Grafik
o   Blok range pada tabel yang berisi data yang akan dibuatkan grafik
o   Pilih menu insert – chart
o   Klik standart types
o   Pilih jenis grafik pada kotak chart types
o   Klik next
o   Klik tab data range, pada bagian series in klik column, klik nextKlik tab tittles, tentukan :
§  Chart tittle, ketik juduldari grafik yang anda buat
§  Category (x) axis, judul sumbu x
§  Category (y) axis, judul sumbu y
o   Selanjutnya tentukan pengaturan tab berikut :
§  Axis digunakan untuk mengatur sumbu x
§  Gridlines digunakan untuk mengatur tampilan garis bantu
§  Legend digunakan untuk mengatur tampilan legend grafik
§  Data labels, digunakan untuk memunculkan data pada grafik
o   Klik next
o   Tentukan lokasi penempatan grafik
§  As new sheet,, untuk menempatkan grafik pada lembar grafik yang terpisah dari lembar kerja namun masih dalam workbook yang sama
§   As object in, untuk menempatkan grafik pada lembar kerja grafik dan lembar kerja yang sama.
o   Klik finish

b.    Data base
Data base adalah kumpulan atau susunan data sederhana yang menghasilkan informasi. Data base dalam MS Excel merupakan range yang disusun cberdasarkan baris dan kolom.
Setiap kolom terdiri dari data yang sejenis yang disebut field yang memiliki nama yang berbeda.aturan penulisan data base pada MS Excel :
1.    Fields name data base hanya boleh berada pada satu baris judul
2.    Tidak boleh ada field name yang sama
3.    Jangan member nama field seperti nama/alamat suatu sel, misalnya : A1, B32, C23
4.    Antara field name dengan datanya jangan diselingi denga baris kosong atau baris yang berisi lambing karena akan dianggap sebagai data.
o   Membuat data base dengan fasilitas data form
§  Buat judul utama laporan yang akan dibuat
§  Ketik nama field sebagai judul baris dari data base
§  Klik salah satu nama field
§  Pilih menu data – form
§  Klik ok (tampil dialog box form pengisian data)
§  Keyikkan data sebagai fields name nya
§  Klik tombol new jika anda bermaksud menambah record data
o   Menyunting data base
§  Blok range data yang ingin disunting
§  Pilih menu data – form
§  Cari record yang ingin disunting :
o   Gunakan vertical scroll bar untuk mencari record yang akan disunting
o   Gunakan arrow down scroll box untuk maju kerecord data selanjutnya
o   Gunakan arrow up scroll box untuk mundur kerecord data sebelumnya
o   Gunakan find previous untuk mundur satu record data selanjutnya
o   Gunakan find next untuk maju satu record data selanjutnya
o   Criteria digunakan untuk mencari record data dengan criteria tertentu.
o   Klik ok

DAFTAR PUSTAKA
Anonim I, 2011. Sejarah Ms. Excel. http://febri12.blogspot.com .Diakses pada tanggal 15 Oktober 2011, pukul 18.25 WITA.
Anonim II, 2011. Sejarah Ms.Excel. http://wikipedia.org. Diakses pada tanggal 15 Oktober 2011, pukul 18.27 WITA.
Anonim III, 2011. Pengertian Ms.Excel.http://zhzkiey. wordpress.com. Diakses pada tanggal 15 Oktober 2011, pukul 18.30 WITA.
Hasyim M., ST. 2009. Buku Pintar Microsoft Office.Penerbit Kriya Pustaka: Jakarta

Madcoms Madiun, 2010. Microsoft Windows.Penerbit Andi: Yogyakarta

1 komentar:

  1. Merkur 23c vs mens titanium wedding rings - TITNIA
    The Merkur 23c and titanium white Merkur 23c in a titanium prices very similar fashion, together the ford edge titanium 2021 two are both excellent balance and are ford ecosport titanium ideal for the beginner or experienced wet ford edge titanium 2021 shaves. The

    BalasHapus